bagaimana cara menampilkan iklan dan widget di tengah postingan artikel blog secara otomatis dan mudah

cara menampiilkan iklan dan widget di tengah postingan secara otomatis

salah satu tujuan memasang iklan di blog adalah agar orang bisa melihat iklan dan juga mengkliknya jika pengunjung blog tertarik dengan materi iklan yang muncul. selain iklan, widget pendukung di blog seperti related post/ artikel terkait atau recent post/ postingan terbaru di pasang dengan tujuan agar pengunjung blog bisa lebih mengekslore artikel artikel lain yang ada di dalam blog karena jika pengunjung blog betah berlama lama di blog kamu maka akan berpengaruh pada posisi di mesin pencari disebabkan mesin pencari menganggap bahwa blog kamu bermanfaat untuk pengunjung blog.

tapi artikel kali ini bukan membahas lebih dalam tentang manfaat iklan maupun widget related atau recent post, tapi yang akan kita bahas adalah bagaimana cara penempatan iklan maupun widget agar bisa mudah dijangkau oleh pengunjung. karena letak iklan maupun widget lain akan sangat berpengaruh pada tingkat klik atau interaksi pada iklan maupun widget yang kamu pasang pada blog kamu.

salah satu lokasi yang sangat strategis dalam memasang iklan maupun widget lain di blog adalah di tengah postingan artikel, karena bisa dipastikan ketika pengunjung blog sedang scroll untuk membaca artikel maka mereka dipastikan akan melihat iklan maupun widget tersebut. tapi sayangnya, pada blogger tidak ada pengaturan default untuk memasang iklan maupun widget di tengah postingan.

tapi tidak usah khawatir karena berikut ini akan kami jelaskan secara detail cara memasang iklan maupun widge di tengah postingan artikel. langsung saja caranya seperti di bawah ini.


  1. langkah pertama, masuk pada blogger
  2. kemudian pilih template >> edit template
  3. kemudian cari kode <data:post.body/> , untuk mempermudah tekan ctrl + f pada keyboard dan paste kode tadi kamudian tekan enter.
  4. setelah menemukan kode tadi, kemudian hapus dan ganti dengan kode di bawah ini

    <div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
    <div class='adscenter'>
    <center>


    letakkan kode iklan, kode widget ataupun bisa gambar di sini.

    </center>
    </div>
    <div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
    <script type='text/javascript'>
    var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
    var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
    var s=obj1.innerHTML;
    var t=s.substr(0,s.length/2);
    var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
    if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
    </script>
  5. "biasanya pada template blog, akan ada lebih dari 1 kode <data:post.body/>, jadi kamu harus mencoba terlebih dahulu untuk mengetahui kode mana yang mesti di ganti."
    jika terdapat lebih dari 1 kode <data:post.body/>, maka caranya, temukan kode <data:post.body/> kemudian ganti dengan kode di atas pada langkah ke 4. lalu simpan template kamu dan lihat hasilnya. jika tidak berhail maka kembali ke template dan tekan ctrl + z pada keyboard untuk mengembalikan template seperti sebelum di edit.
    kemudian cari kode <data:post.body/> yang kedua, dan lakukan hal yang sama sampai berhasil.
terima kasih, semoga bermanfaat

Komentar